Selasa, 09 Oktober 2012

komunikasi keperawatan

BAB I
PENDAHULUAN
1.      Latar Belakang
Dalam kehidupan sehari-hari kita tidak bisa lepas dari kegiatan komunikasi.Sehingga sekarang ilmu komunikasi berkembang pesat. Salah satu kajian ilmu komunikasi ialah komunikasi dengan sesama perawat yang merupakan hubungan timbal balik antara tingkah laku manusia masa lalu dan masa sekarang dengan derajat kesehatan dan penyakit, tanpa mengutamakan perhatian pada penggunaan praktis dari pengetahuan tersebut atau partisipasi profesional dalam hubungan timbal balik melalui perubahan tingkah laku sehat ke arah yang diyakini akan meningkatkan kesehatan yang lebih baik.Kenyataaanya memang komunikasi secara mutlak merupakan bagian integral dari kehidupan kita, tidak terkecuali perawat, yang tugas sehari-harinya selalu berhubungan dengan orang lain. Entah itu pasien, sesama teman, dengan atasan, dokter dan RAS. Maka komunikasi sangatlah penting sebagai sarana yang sangat efektif dalam memudahkan perawat melaksanakan peran dan fungsinya dengan baik. Selain berkomunikasi dengan pasien, perawat juga berkomunikasi dengan anggota tim kesehatan lainnya.Sebagaimana kita ketahui tidak jarang pasien selalu menuntut pelayanan perawatan yang paripurna. Sakit yang diderita bukan hanya sakit secara fisik saja, namun psiko (jiwanya) juga terutama mengalami gangguan emosi. Penyebabnya bisa dikarenakan oleh proses adaptasi dengan lingkungannya sehari-hari. Misalnya saja lingkungan di rumah sakit yang sebagian besar serba putih dan berbeda dengan rumah pasien yang bisa beraneka warna. Keadaan demikian menyebabkan pasien yang baru masuk terasa asing dan cenderung gelisah atau takut. Tidak jarang pasien membuat ulah yang bermacam-macam, dengan maksud mencari perhatian orang disekitarnya.
2.      Permasalahan 
  Berdasarkan latar belakang yang sudah diuraikan maka dapat dirumuskan permasalahan sebagai berikut : “ Bagaimana Komunikasi perawat komunikasi dengan sesama perawat.
3.      Tujuan
   
     Tujuan dari pembuatan makalah ini adalah:mengetahui teknik komunikasi perawat sesama perawat.
4.      Metode penulisan

            Dalam penulisan makalah ini kami menggunakan metode:
1.      Studi kepustakaan, yaitu mengambil beberapa sumber buku-buku yang berhubungan dengan teknik komunikasi sesama perawat  
5.       Manfaat penulisan

1.      Bisa mengetahui lebih tetang teknik komunikasi sesama perawat.

















BAB II
PEMBAHASAN
1.    Pengertian komunikasi
Harold koont dan cyril O’Donell mengemukakan pengertian komunikasi adalah pemindahan informasi dari satu orang ke orang lain terlepas percaya atau tidak. Tetapi informasi yang ditranfer tentulah harus dimengerti oleh penerima.
William Ablig memberikan definisi komunikasi adalah proses pengoperan lambang-lambang yang mengandung pengertian antara individu-individu. Menurut Dale Yoder dkk kata communications berasal dari sumber yang sama seperti kata common yang artinya bersama, bersama-sama dalam membagian ide. Apabila seorang berbicara, orang lainnya mendengarkan.
Dari uraian diatas dapat disimpulkan bahwa komunikasi adalah :
a.       Komunikasi dilakukan oleh dua orang atau lebih
b.      Komunikasi merupakan pembagian ide, pikiran, fakta, pendapat.
c.       Komunikasi melalui lambang-lambang yang hatus dimengerti oleh yang melakukan        komunikasi.

2.    Tipe-tipe komunikasi
Bagian macam komunikasi menurut jenisnya dapat dibagi menjadi :
a.      Pelaksanaan
b.      Bentuknya
c.       Umpan balik
3.    Ruang lingkup komunikasi
Komunikasi sebagai suatu proses penyampaian pikiran seorang atau orang-orang kepada orang lain, komunikasi dapat diadakan dalam bentuk :
a.       Suatu perintah, dalam hal ini komunikasi bagian daripada proses memimpin.
b.      Suatu permintaan.
c.       Suatu observasi, suatu usaha untuk mengambil suatu keputusan atau mungkin hanya suatu pernyataan dari sudut pandang.
d.      Sebagai informasi
e.       Sebagai pelajaran, berhubungan dengan pelatihan atau sebagai bagian penyuluhan.
4.      Mengetahui
Kita sebagai perawat harus saling berkumunikasi dengan baik apa lagi dengan  komunikasi dapai berjalan dengan baik .kita juga harus mengetahui sesama perawat maupun pasien  Kemudahan dalam melaksanakan  tugas, sangat dipengaruhi oleh faktor  pengetahuan yang dimiliki perawat itu  sendiri. Begitu juga bila dalam  memberikan penyuluhan kesehatan  Dimasayarakat yang bermacam macam budaya Tepatnya perawat yang  memiliki pengetahuan yang luas akan  lebih mudah berkomunikasi Mengetahui  Komunikasi yang berbeda budaya baik dengan pasien maupun sesama perawat walaupun kita berbeda budaya kita sebagai perawat harus mampu dan bisa Berkumunikasi  dengan orang yang berbeda budaya tersebut agar komunikasi berjalan dengan baik,budaya Tepatnya perawat yang  memiliki  pengetahuan yang luas akan budaya dan agama akan lebih mudah berkomunikasi
5.      Ketulusan
Sekedar mengenal pasien dan kebutuhannya saja tidaklah cukup, tapi kepercayaan yang sepenuh hati (tulus) tidak bisa diabaikan begitu saja. Penampilan seorang perawat yang tulus tercermin dari sikapnya yang sederhana, mau mendengarkan keluhan-keluhan pasien tanpa bermaksud untuk melecehkannya atau mencemoohnya. Dalam melaksanakan tugas setiap harinya seorang perawat sering berhadapan denagn sesama perawat sehinggan perawat mampu dalam melakukan komunikasi yang baik baik dalam segala komunikasi yang akan di sampaikan oleh seorang perawat .yang memiliki bermacam-macam sifat dan tabiat. Namun dengan sikapnya yang tulus seorang perawat dapat membantu meringankan beban pasien tanpa membedakan antara pasien yang satu dengan pasien yang lainnya Meskipun gaji Perawat bukanlah gaji yang tinggi, namun seorang perawat memperoleh kepuasan batin apabila mampu membantu pasien dalam mengatasi penyakitnya, lebih-lebih bila nasihat dan saran-sarannya diterima dengan baik oleh pasien. Tapi satu hal yang perlu kita garis bawahi, perawat tetaplah perawat, sosok manusia yang bisa khilaf. Sedangkan yang membedakannya karena keahlian dan ketulusannya dalam mebantu pasien dalam mengatasi kesulitan yang berhubungan dengan penyakitnya. Semangat Dalam berkomunikasi dengan pasien, selain pengetahuan dan ketulusan seorang perawat haruslah bersemangat. Semangat hidup yang tinggi dapat mempengaruhi semangat pasien. Akan halnya penyakit yang diderita oleh pasien lebih cepat sembuh bila nasihat dan saran-saran serta anjuran dokter ditaati sepenuhnya oleh pasien.
6.               Praktek
Untuk dapat berbicara yang baik atau komunikatif tidaklah cukup sekedar teori saja, namun lebih ditekankan pada praktis terapan atau praktek. Pribadi yang tampil utuh sebagai seorang perawat baik dalam komunikasi untuk sesama perawat dan komunikasi dengan pasien yang berbeda budaya bukanlah suatu hal yang mudah. Lingkungan menuntut untuk mampu melaksanakan tugas dengan sebaik-baiknya, sementara kepribadian perawat juga mendapat porsi yang sama.Dengan latihan praktek demikian ditambah lagi praktek berbicara di depan umum akan menghilangkan rasa cemas hingga tidak kaku dan berani tampil. Pada akhirnya bila empat keharusan tersebut dijalankan, tidak ada kesulitan dalam berkomunikasi bagi perawat baik di di pasien mau pun sesama perawat.





BAB III
PEMBAHASAN
1.      Pengertian Komunikasi keperawatan
 Komunikasi dalam bidang keperawatan merupakan proses untuk menciptakan hubungan antara tenaga kesehatan dan pasien untuk mengenal kebutuhan pasien dan menentukan  rencana tindakan serta kerjasama dalam memenuhi kebutuhan tersebut. Oleh karena itu komunikasi antar perawat  memegang peranan penting memecahkan masalah yang dihadapi pada dasarnya komunikasi merupakan komunikasi proposional yang mengarah pada tujuan yaitu penyembuhan pasien pada komunikasi tersebut terdapat dua komponen penting yaitu proses komunikasinya dan efek komunikasinya. Komunikasi ter termasuk komunikasi untuk personal dengan titik tolak saling memberikan pengertian antar petugas kesehatan dengan pasien. Menurut Purwanto komunikasi dengan orang yang berbeda budaya  merupakan bentuk keterampilan dasar utnuk melakukan wawancara dan penyuluhan dalam arti wawancara digunakan pada saat petugas kesehatan melakukan pengkajian memberikan penyuluhan kesehatan dan perencaan perawatan.
2.      Tingkah laku perawat dalam berkomunikasi
Dirumah sakit pemerintah maupun swasta, perawat memegang peranan penting; tingkah laku; gerak-gerik perawat selalu dinilai oleh masyarakat. Bahkan sering juga surat kabar memuat berita-berita tentang perawat rumah sakit. Bertindak yang tidak sebenarnya. Dipandang oleh klien perawat judes, jahat dan sebagainya.
3.      Perawatan yang berorientasi Rumah sakit
 Pelaksanaan perawatan difokuskan pada penyakit yang diderita klien semata,tidak pernah memandan dari sisi lain seorang pasien maupun perawat lainya sehingga kurang mendapat perhatian. Tujuan pelaksaan perawatan yang sebenarnya
4.      Perawat kurang tanggap terhadap kebutuhan, keluhan-keluhan,
serta kurang memperhatikan apa yang dirasakan oleh klien oleh teman sejawat  sehingga menghambat hubungan komunikasi yang baik.
Kejujuran dalam keperawatan dapat dibagi menjadi 3 (tiga) :
a.       Jujur terhadap pekerjaan misalnya mengenai pengobatan, laporan-laporan yang berhubungan dengan keadaan pasien.
b.       jujur terhadap lingkungan. Hal ini penting karena perawat dalam
melaksanakan pekerjaannya setiap hari selalu berhubungan dengan orang
banyak. Hendaknay jangan sekali-kali memiliki atau menggunakan barang
orang lain secara tidak sah tanpa ijin pemiliknya. Kejujuran ini penting bagi perawat itu sendiri maupun bagi rumah sakit dan masyarakat umum.
c.       Jujur dalam perkataan. Tidak membohong, melaporkan hal sebenarnya tentang keadaan klien kepada atasan secara benar. Tidak menceritakan kejengkelan orang lain ataupun mengadu domba.
















BAB IV
PENUTUP
Pada kenyataanya perawat di samping kodratnya sebagai mahluk individu dan mahluk sosial , diapun sebagai mahluk profesi memerlukan tenaga skil di bidangnya, khususnya di bidang keperawatan. Perawat harus mampu menjalankan segala tahapan dalam komunikasi terapeutik yang meliputi tahap awal, lanjutan dan terminasi. Mengingat teknologi kedokteran akhir-akhir ini semakin pesat, senantiasa pula mempengaruhi perkembangan profesi keperawatan itu sendiri. Perawat dituntut untuk lebih mengutamakan pelayanan paripurna terhadap pasien, terutama dalam memenuhi kebutuhan pasien . Hubungan yang baik ini  akan lebih baik lagi bila perawat dapat meningkatkan pengetahuannya dalam komunikasi khususnya komunikasi terapeutik yang sesuai dengan tuntutan jaman..
Kesimpulan
Kesimpulan yang dapat kami ambil adalah:
Kita sebagai perawat harus saling berkumunikasi dengan baik apa lagi dengan sesama perawat dalam melakukan perktik ada rasa kebersamaan sehingga komunikasi dapai berjalan dengan baik sesama perawat perawat harus mampu dan bisa Berkumunikasi  dengan orang yang berbeda budaya tersebut. agar komunikasi berjalan dengan baik, dalam segala komunikasi yang akan di sampaikan oleh seorang perawat . ketulusan seorang perawat haruslah bersemangat. dalam komunikasi untuk sesama perawat dan komunikasi dengan pasien yang berbeda budaya bukanlah suatu hal yang mudah. Lingkungan menuntut untuk mampu melaksanakan tugas dengan sebaik-baiknya, sementara kepribadian perawat juga mendapat porsi yang sama.Dengan latihan praktek demikian ditambah lagi praktek berbicara di depan umum akan menghilangkan rasa cemas hingga tidak kaku dan berani tampil. Pada akhirnya bila empat keharusan tersebut dijalankan, tidak ada kesulitan dalam berkomunikasi bagi perawat baik di di pasien mau pun sesama perawat.


Saran
Dari kesimpulan diatas penulis dapat sedikit memberi saran kepada calon perawat /perawat, yaitu:seorang perawat mau pun calon perawatn harus bisa berkomunikasi dengan baik baik itu di rumah sakit mau pun di luar rumah sakit , berkomunikasi dengan sesama perawat mau pun dengan orang lain.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar